Senin, 22 Maret 2010

Tari Kecak

Apakah Tari Kecak itu? Tari Kecak adalah tarian yang asalnya dari pulau Bali, biasanya dimainkan oleh banyak penari laki-laki yang duduk berbaris melingkar dan dengan irama tertentu menyerukan suara "cak" dan mengangkat kedua lengan.

Penari mengenakan kain kotak-kotak seperti papan catur yang melingkari pinggang mereka sementara tokoh Rama, Sinta, Rahwana ,Hanoman , maupun Sugriwa memakai pakaian seperti umumnya pada pertunjukan ketoprak. Ritme bebunyian yang diucapkan oleh para penari cukup menghadirkan aura mistis bagi penontonnya. Dalam tarian ini mengisahkan kisah Ramayana saat barisan kera membantu Rama melawan Rahwana. Lagu tari Kecak diambil dari ritual tarian sanghyang. Tari Sanghyang adalah suatu tarian sakral yang berfungsi sebagai pelengkap upacara untuk mengusir wabah penyakityang sedang melanda suatu desa atau daerah.

Keistimewaan Tari Kecak

Tari ini memiliki keunikan karena tidak mengandalkan istrumen alat musik untuk mengiringi tarian, melainkan paduan suara para penarinya. Iramanya berbunyi "Cak...Cak..Cak.."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar